5 Tips Menghindari Pikiran Negatif untuk Mencegah Stres

5 Tips Menghindari Pikiran Negatif untuk Mencegah Stres

5 Tips Menghindari Pikiran Negatif untuk Mencegah Stres

5 Tips Menghindari Pikiran Negatif untuk Mencegah Stres

Dunia4d2 Prediksi HK – Perempuan memiliki peran beragam dalam kehidupannya. Sebagai perempuan memiliki peran juga sebagai anak, kakak, pekerja, teman, istri dan menjadi ibu. Peran-peran itulah terkadang yang akhirnya membuat perempuan ingin selali memberikan hasil terbaiknya dengan seluruh kemampuan dan tenaga yang ia miliki.

Namun hal tersebut juga yang sering membuat perempuan cenderung mudah mengalami stres. Female radio merayakan 30 tahunnya dengan acara yang menyuarakan ‘Hidup Lebih Bermakna’.

Sederet artis dan penyiar turut hadir dalam acara tersebut di kebayoran, jakarta selatan, rabu 18/07/2019.

Sebagian perempuan cenderung berpikiran negatif daripada positif serta memposisikan diri mereka untuk menjadi sempurna sebab itu kamu merasa tertekan dan rentan mengalami stres.

Berikut Informasi mengenai bagaimana cara untuk menyikapi stres yang kamu alami.

1. Buang jauh-jauh pikiran negatif yang kamu miliki

Perempuan memiliki target yang tinggi, sehingga bila tidak sesuai ia akan menempatkan diri mereka sebagai penyebab kegagalan. Melakukan sesuatu memang perlu menimbang segala bentuk risikonya, namun terlalu menyalahkan diri sendiri juga tidak baik.

Sebagai perempuan kamu harus bisa menghadapi diri sendiri. Jika kamu ingin membahagiakan orang lain, diri kamu sendiri harus bahagia terlebih dahulu. Cobalah untuk berpikir secara positif supaya apapun yang kamu lakukan tidak kamu campurkan dengan hal-hal negatif.

Berpikiran negatif secara terus-menerus bisa berakibat fatal, kamu bisa mengalami depresi hingga melakukan hal-hal di luar kendali. Teruslah untuk menciptakan suasana hati yang positif ya.

Tidak semua hal buruk yang menimpa kamu disebabkan oleh diri kamu, semua yang terjadi pasti memiliki makna sendiri.

2. Memiliki waktu untuk menikmati hobi

Terlalu sibuk bekerja, memasak, menjadi ibu, menjadi istri atau sebagai anak tentu membuat diri kamu melupakan hal-hal yang bisa kamu nikmati. Sebaiknya kamu meluangkan waktu seketika untuk menghilangkan kejenuhan yang kamu alami.

Kamu perlu menikmati waktu sendiri untuk membuat suasana hati kamu menjadi senang kembali. Melakukan hobi yang kamu sukai seperti membaca buku, jalan-jalan atau keluar bersama teman harus kamu lakukan.

Kamu juga harus menghibur diri kamu dengan melakukan hal yang bisa kamu nikmati dengan begitu pikiran kamu akan menjadi tenang kembali. Memiliki waktu sendiri dapat berpengaruh positif dan mengurangi risiko stres.

“Menurut aku sebagai istri dan ibu kita juga bisa kok melakukan apa yang kita suka seperti saya, saya suka sekali dengerin radio. Mendengarkan orang siaran terlebih topiknya seru, lakuin aja hal-hal yang bisa membuat kita menjadi happy” ujar Sissy Pricilla.

3. Apresiasi segala bentuk emosi di dalam diri

Perempuan sering mengalami perasaan terbebani dan kurang menyediakan ruang untuk menyenangkan dan menghargai dirinya. Menghargai diri sendiri dengan mengenali bentuk emosi sangat penting.

Belajar mengenali emosi membuat kamu menjadi tahu harus bagaimana, melakukan apa dan kepada siapa saat terjadi gejolak emosi pada diri kamu.

Bersedih dan menangis merupakan hal yang manusiawi, jika kamu merasa lelah dan emosi kamu ternyata berkaitan dengan keluarga atau teman luapkan saja jangan dipendam sendiri.

Meluapkan segala keresahan yang kamu alami bisa membuat kamu lebih tenang dengan menempatkan emosi kepada hal-hal dan orang yang tepat.

4. Mempunyai strategi dan prinsip hidup

Dalam menjalani kehidupan tentu kamu mengalami banyak permasalahan dan hal itu mempengaruhi daya pikir, serta cara kamu menyikapinya. Masing-masing dari kamu akan samakin berpikir sehat dan senang menjalani kehidupan dengan damai, jika memiliki strategi untuk menghadapi berbagai persoalan yang dialami.

Kamu tentu memiliki agama dan itu menjadi pegangan prinsip, tidak melulu menyelesaikan masalah dengan cepat dan instan. Percaya pada keyakinan yang kamu anut dapat memberikan ketenangan batin tersendiri dan jangan lupa5. Jadikan kehidupan kamu penuh makna dibarengi aksi tindakan juga ya!

5. Jadikan kehidupan kamu penuh makna

Buatlah hidup kamu menjadi lebih bermakna dengan mewujudkan semua keinginan kamu dan mensyukuri apa yang kamu miliki, tindakan seperti ini akan membuat kamu menjadi lebih tenang dan tidak terbebani dalam segala hal.

“Sebenarnya di setiap diri kita ada kemampuan dan kekuatan untuk menjadi berdaya menjalani berbagai peran sebagai anak, ibu, menantu, istri, pekerja, dan tentu sebagai diri sendiri,” ujar Retno Dewanto Purba, Psikolog Keluarga.

Sangat penting bagi perempuan untuk berupaya mengenali dirinya sendiri, banyak orang hingga berusia 25 tahun atau lebih tetapi belum mendapati jati dirinya sehingga sulit memahami dirinya sendiri.

Hidup juga perlu tujuan dan target, namun tetap harus berpikir realistis agar kamu tidak terbebani secara psikis dan fisik. Cara-cara di atas bisa kamu coba untuk menghindari diri kamu dari stres, jangan suka berpikir negatif karena hal tersebut sangat tidak baik.

Kenali emosi kamu dan cobalah untuk memiliki strategi dalam menghadapi diri sendiri untuk memperkuat diri kamu ya!