Apakah Payudara Gatal Tanda-Tanda Kanker?

Apakah Payudara Gatal Tanda-Tanda Kanker?

Apakah Payudara Gatal Tanda-Tanda Kanker?

Apakah Payudara Gatal Tanda-Tanda Kanker?

Dunia4d2 Sabung Ayam – Pasti Anda pernah merasa payudara Anda sangat gatal sebelum tidur, atau saat beraktivitas di siang hari terasa sangat gatal dan Anda merasa harus ke kamar mandi untuk memeriksanya. Tapi pernahkah Anda mencari tahu, gatal di payudara itu tanda-tanda kanker payudara atau tidak.

Melansir dari Metro UK, pada Kamis, 17 Oktober 2019, Clare Morrison, dokter umum dan Penasihat Medis Medexpress menjelaskan gatal di payudara bisa menjadi tanda-tanda kanker payudara, tapi hal itu sangat jarang. Banyak alasan lain yang lebih memungkinkan.

“Payudara yang gatal bisa dikarenakan radang payudara seperti kehamilan, perubahan pramenstruasi, dan obat hormon. Bahkan, bisa dikarenakan kulit yang terbakar sinar matahari, alergi, dan dermatitis,” kata Dr Clare.

Namun, bukan berarti gatal di payudara bisa diabaikan begitu saja. Jika anda merasakan gatal yang tidak biasa dan terjadi terus-menerus, ada baiknya untuk mengonsultasikannya dengan dokter. Utamanya bila Anda merasa ada benjolan, lesung kulit, pembalikkan puting susu, maupun rasa sakit.

Jika tiba-tiba payudara Anda gatal dan bertahan dalam waktu yang lama, kemudian datang lagi dengan gejala yang lain dan disertai siklus menstruasi yang tidak teratur, Anda juga perlu mengonsultasikannya dengan dokter. Hal seperti itu bisa jadi adalah tanda-tanda kanker payudara.

“Kadang payudara yang gatal bisa menjadi ciri-ciri kanker payudara. Ini seperti kanker yang sudah serius dan agresif hingga menyebar ke seluruh jaringan di bawah kulit. Jenis kanker yang sudah sampai sini, maka memiliki prognosis yang lebih buruk dari kanker payudara lainnya,” kata Clare.

Tanda-tanda

Merawat Payudara

Penyakit Paget pada payudara yang terlihat seperti eksim pada puting, sebenarnya itu adalah kanker payudara. Juga ketika Anda melihat terjadi perubahan terus menerus di kulit payudara Anda, harus periksakan ke dokter sebelum kondisi kesehatan menurun.

Tapi sekali lagi, walaupun hal seperti ini bisa terjadi, penyebab gatal pada payudara lebih banyak disebabkan oleh alergi atau karena hal-hal yang tidak bahaya sama sekali. Pemicu alergi beragam, seperti memakai bra murah dengan bahan yang mudah memicu gatal, parfum yang menyengat, atau terbakar sinar matahari.

Gunakan juga bra dengan ukuran yang pas. Jangan lupa juga untuk pakai pelembab dan kontrol ke dokter umum atau kulit jika ada kesulitan dengan kondisi kulit seperti eksim. Kemudian, selalu cek degan dokter secara rutin agar risiko seperti kanker payudaranya bisa dinertralisir.