Ini 4 Kesalahan yang Nggak Disadari Sering Dilakukan Saat Menggunakan Smartphone

Ini 4 Kesalahan yang Nggak Disadari Sering Dilakukan Saat Menggunakan Smartphone

Ini 4 Kesalahan yang Nggak Disadari Sering Dilakukan Saat Menggunakan Smartphone

Ini 4 Kesalahan yang Nggak Disadari Sering Dilakukan Saat Menggunakan Smartphone

Dunia4d2 Sabung Ayam – Nggak bisa dipungkiri, smartphone saat ini menjadi salah satu barang yang paling wajib dibawa ke mana-mana selain dompet, bahkan orang sampai rela jauh balik rumah apabila tertinggal.

Saking nggak bisa lepasnya, sebagian orang selama ini nggak menyadari bahwaada kebiasaan mereka saat menggunakan smartphone yang salah dan dapat membahayakan diri sendiri.

Apa saja itu? Dilansir dari Brightside, berikut HAI udah merangkum 4 kesalahan yang nggak disadari sering dilakukan ketika menggunakan smartphone.

1. Diajak tidur bareng

Smartphone pada dasarnya merupakan alat pemancar dan penerima elektromagnetik yang artinya memancarkan gelombang radio setiap waktu.

Meski belum terbukti, penelitian terus menunjukkan bahwa gelombang tersebut bisa berpengaruh pada otak apabila terpapar secara terus menerus.

Selain itu, munculnya notifikasi seringkali membuat orang-orang terbangun, di mana hal tersebut dapat merusak siklus tidur.

Jika memungkinkan, orang-orang disarankan untuk menjauhkan smartphone dari dekat mereka ketika tidur, atau seenggaknya mengaktifkan fitur airplane mode.

2. Terlalu sering menatap layar dari dekat

Keseringan menatap layar dari dekat membuat mata terpapar cahaya biru dari smartphone, yang ternyata dapat menekan hormon pengatur siklus tidur, melatonin.

Nggak cuma menekan melatonin, terlalu sering terkena paparan cahaya biru layar smartphone dapat membuat orang-orang sakit kepala dan terkena gangguan mata.

3.Bersentuhan langsung dengan kulit

Sejumlah studi menyebyut adanya hubungan antara smartphone dengan kanker, terutama dengan transmisi sinyal sekitar 900 MHz yang dapat membuat ponsel menjadi panas dan terserap dalam tubuh apabila bersentuhan langsung ke kulit.

Maka dari itu, orang-orang disarankan untuk mengurangi intensitas sentuhan secara langsung, memakai headset ketika melakukan panggilan, dan meletakannya pada tempat-tempat yang nggak langsung bersentuhan dengan kulit ketika dibawa.

4. Postur yang salah ketika menatap layar

Penggunaan smartphone secara berlebihan ternyata dapat mengakibatkan cedera pada ibu jari seperti tenosynovitis.

Selain itu, terlalu sering menekuk leher saat menatap layar ponsel juga bisa menimbulkan adanya masalah pada tulang belakang.

Seiring berjalannya waktu, berat yang dirasakan leher bahkan mungkin terasa 5 kali lebih banyak dari bobot kepala sebenarnya.