Kalezic: Jangan Bilang Suporter PSM Berbahaya

Kalezic: Jangan Bilang Suporter PSM Berbahaya

Kalezic: Jangan Bilang Suporter PSM Berbahaya

Kalezic: Jangan Bilang Suporter PSM Berbahaya

Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic menegaskan jika suporter setia tim berjuluk Juku Eja tidak berbahaya. Kalezic pun menolak jika dibatalkannya pertandingan final leg kedua pada akhir Juli lalu dikarenakan ulah suporter PSM.

Sebagaimana diketahui, Pertandingan final leg kedua Piala Indonesia antara PSM Makassar versus Persija sedianya digelar pada 28 juli. Namun pertandingan tersebut dibatalkan.

PSSI selaku operator Piala Indonesia memutuskan menunda pertandingan final tersebut karena alasan keamanan. Pembatalan tersebut merupakan buntut dari penyerangan sejumlah orang terhadap bus yang ditumpangi rombongan Persija yang saat itu baru selesai menggelar official training.

Pertandingan tunda final leg kedua antara PSM kontra Persija pada akhirnya diputuskan tetap digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8/2019).

Pemain Persija Jakarta Sandi Sute (kiri), pelatih Persija (Julio Banuelos (kedua kiri), pelatih PSM Makassar Darije Kalezic (kedua kanan), dan pemainnya Wiljan Pluim (kanan). [dok. Persija]
Pemain Persija Jakarta Sandi Sute (kiri), pelatih Persija (Julio Banuelos (kedua kiri), pelatih PSM Makassar Darije Kalezic (kedua kanan), dan pemainnya Wiljan Pluim (kanan). 

“Fans kita tidak berbahaya untuk klub manapun di Indonesia. Fans kita adalah salah satu fans damai di Indonesia, dan fans dari PSM Makassar bisa mengenakan jersey mereka saat menonton kami di manapun,” kata Kalezic dalam jumpa pers jelang pertandingan, Senin (5/8/2019).

“Fans kita juga tidak berbahaya kepada petugas keamanan, sekarang dan juga tidak berbahaya kepada petugas keamanan 10 hari yang lalu atau yang sebelumnya. Jadi saya tidak tahu siapa yang membuat laporan bahwa tidak aman katanya di sini 10 hari yang lalu karena match komisioner juga di sini tidak ada, sama sekali tidak ada.”

“Organisasi (kepolisian) yang melakukan pengamanan dan memberikan garansi pengamanan mereka ada di sini. Mereka bilang tidak ada masalah dengan keamanan.”

“Jadi jangan bilang bahwa suporter kita memberikan rasa tidak aman karena fans kita adalah salah satu fans terbaik di indonesia. Fans kita memang betul fanatik dan mereka selalu suport tim kita di mana saja, dan ini tidak ada hubungannya dengan masalah-masalah yang ada,” ungkapnya.

Pertandingan Persija Jakarta vs PSM Makassar saat final Leg pertama Piala Indonesia yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).  [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Pertandingan Persija Jakarta vs PSM Makassar saat final Leg pertama Piala Indonesia yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). 

Menang tipis 1-0 di leg pertama, Persija saat ini unggul agregat dari PSM. Untuk menggondol trofi Piala Indonesia ke Jakarta, Persija hanya membutuhkan hasil imbang di leg kedua.

Sedangkan PSM, untuk bisa membalikkan keadaan tim besutan Darije Kalezic wajib menang dengan selisih minimal dua gol.