Merasa Tidak Dihargai Pasangan? Ini Cara Mengungkapkannya

Merasa Tidak Dihargai Pasangan? Ini Cara Mengungkapkannya

Merasa Tidak Dihargai Pasangan? Ini Cara Mengungkapkannya

Merasa Tidak Dihargai Pasangan? Ini Cara Mengungkapkannya

Dunia4d2 Prediksi HK – Jujur terhadap perasaan yang sesungguhnya pada pasangan tidaklah selalu mudah. Terutama jika ia menyakiti perasaan Anda.

“Apabila Anda tidak merasa cukup dihargai oleh pasangan, komunikasi merupakan kuncinya,” ucap terapis sekaligus pakar hubungan keluarga dan pernikahan, Whitney Berg.

Meminta pasangan untuk menunjukkan apresiasi terhadap mungkin bukan sesuatu yang dapat membuat Anda nyaman. Tetapi jika Anda menginginkan kebahagiaan dalam hubungan, maka penting untuk memintanya.

“Penting untuk merasa dihargai dalam suatu hubungan. Diakui karena hal-hal yang Anda lakukan, bahkan hanya karena menjadi diri sendiri adalah hal yang penting,” tambah Berg.

Jangan mulai pembicaraan setelah bertengkar

Berg menyarankan untuk tidak melakukan percakapan tentang hal ini apabila Anda sedang bertengkar.

“Ketika mendiskusikan sesuatu, seperti perasaan tidak dihargai, kita harus berhati-hati menggunakan pilihan bahasa. Jangan sampai terkesan seperti menuduh,” ucap Berg.

Tentukan waktu yang tepat

Anda juga bisa memulainya dengan bertanya apakah ada waktu yang tepat untuk membicarakan sesuatu yang Anda rasakan.

Ketika sudah mendapatkan izin, Anda bisa memulai percakapan dengan mengungkapkan di titik apa Anda merasa tidak dihargai.

“Anda juga bisa menyertakan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa langsung bersikap dan menawarkan solusi,” ucap Berg.

Teknik pembicara dan pendengar

couple kencan

Cara ini dapat Anda lakukan dengan berbicara terlebih dahulu, membuat pernyataan singkat, dan berhenti untuk membiarkan orang lain mendengarkan dan memparafrasekannya.

“Pendengar tidak hanya harus mendengarkan sehingga dapat memparafrasekan apa yang dikatakan, tetapi juga fokus pada pesan pembicara,” ucap Berg.

Penting juga untuk menanyakan pada pasangan mengenai perasaannya. Misalnya, ketika Anda merasa tidak dihargai, Anda juga harus bertanya apakah pasangan merasakan hal yang serupa atau tidak.

Berikan ruang dan waktu untuk memproses

Menyampaikan sesuatu yang sensitif semacam ada kemungkinan pasangan akan memberikan reaksi yang buruk.

“Ketika pasangan tidak merespons dengan baik, ingat bahwa ini pertama kalinya ia mendengar ketidaknyamanan Anda ini. Berikan ruang dan waktu untuk pasangan Anda,” tambah Berg.