Minuman Khas Indonesia yang Mendunia

Minuman Khas Indonesia yang Mendunia

Minuman Khas Indonesia yang Mendunia

Minuman Khas Indonesia yang Mendunia

Beberapa jenis minuman khas Indonesia yang mendunia, yaitu :

1. Es Kelapa Muda

Oke Zone

Apalagi kalau bukan karena derasnya kunjungan turis asing ke Bali, es kelapa muda semakin dikenal luas di tingkat internasional. Memang banyak sajian sejenis di kawasan tropis lainnya, namun yang membedakan adalah versi Indonesia selalu diberi tambahan sedikit gula dan es batu, sehingga menjadikannya terasa kian istimewa. Mau yang disajikan langsung di dalam kelapa atau ditaruh di dalam gelas besarnya yang khas, dua-duanya tetap nikmat.

2. Es Cendol

Liputan6.com

Ini adalah varian minuman segar khas Sunda yang identik dengan adonan parut hijau yang terbuat dari tepung beras, sehingga menciptakan tekstur kenyal yang khas. Adonan ini disajikan dalam racikan santan, gula merah, dan es batu, yang kemudian menciptakan sensasi rasa manis yang khas. Terkadang ada pula yang menambahkan potongan kecil buah nangka untuk menjadikannya terasa legit. Di banyak restoran khas Indonesia di luar negeri, es cendol biasa menjadi minuman yang paling direkomendasikan di buku menu.

3. Jus Alpukat

Ang Sarap

Perhatikan deh setiap kali ada video orang asing traveling ke Indonesia, pasti mereka akan terkagum-kagum dengan kelezatan jus alpukat khas Indonesia. Bayangkan buah alpukat legit yang dijus bersama sedikit gula dan es batu hingga lembut, untuk kemudian dihidangkan dalam gelas yang telah dituangkan susu kental manis cokelat. Perpaduan rasa manis, gurih, dan sedikit pahit memberikan sensasi unik saat meminumnya, sehingga tidak heran banyak orang menyukainya.

4. Jamu

Hellosehat.com

Siapa sangka jika jamu semakin menarik perhatian banyak orang asing untuk mencobanya. Minuman herbal ini biasanya dibuat dari aneka rempah pilihan, yang dipadukan bersama dengan beberapa bahan baku alaminya, sehingga menciptakan manfaat sehat yang tiada bandingnya. Meski begitu, umumnya turis asing tidak langsung mencoba jamu secara utuh, dan biasanya dimulai dari yang berkarakter ringan, seperti beras kencur, kunyit asam, dan temulawak.

5. Kopi Luwak

The SUn

Ini nih racikan kopi termahal di dunia, yang membuat banyak orang seantero jagat penasaran untuk mencobanya. Ini bukan sembarang kopi, karena proses pembuatannya melalui pencernaan oleh luwak, atau musang Jawa. Biji kopi yang tercampur dengan kotoran luwak –setelah dicuci bersih– mengandung sifat asam yang khas, di mana memberikan intensitas unik ketika diracik menjadi minuman. Beda tempat, beda pula karakter rasa kopi luwak, di mana beberapa yang jadi favorit berasal dari Bali dan Malang.

6. Arak Bali

Kaskus

Turis yang berkunjung ke Bali mungkin lebih mengenal Bir Bintang sebagai minuman alkohol lokal favorit, namun faktanya semakin banyak orang penasaran untuk mencoba sesuatu yang lebih melalui arak Bali. Ya, ini adalah minuman keras dari hasil penyulingan tuak kelapa, dengan kadar alkohol antara 37 hingga 60 persen. Minuman yang bisa disejajarkan dengan vodka ini dulunya hanya boleh dikeluarkan dalam berbagai kegiatan budaya Bali, namun kini sudah bisa dikonsumsi bebas, namun tetap dengan bertanggung jawab.