Negara Ini Menjual Wisata Hari Kemerdekaan

Negara Ini Menjual Wisata Hari Kemerdekaan

Negara Ini Menjual Wisata Hari Kemerdekaan

Negara Ini Menjual Wisata Hari Kemerdekaan

Indonesia memiliki beragam kegiatan untuk memperingati hari kemerdekaan. Mulai dari tingkat RT sampai kabupaten. Sayangnya hanya daerah-daerah tertentu, yang memanfaatkannya untuk mempromosikan paket wisata pada saat 17 Agustus. Sebaliknya Singapura dan Prancis sangat sadar diri, mereka menjual hari kemerdekaan sebagai paket wisata. Semisal diskon kamar hotel hingga wisata belanja. Nah, inilah negara yang membuat paket wisata pada hari kemerdekaannya.

Prancis

Hari Kemerdekaan Prancis juga disebut sebagai Bastile Day. Seluruh Prancis hingga negara-negara koloninya merayakan Bastile Day, bahkan hingga New Orleans – negara bagian AS yang merasakan revolusi Prancis sebagai pembebas perbudakan di negeri itu.

Bastile Day jatuh pada 14 Juli, memperingati 14 Juli 1789, di mana penjara Bastile dijebol dan rakyat Prancis menyepakati mengakhiri kekuasaan raja. Peringatan Bastile Day dipusatkan di Paris, dengan atraksi utama kembang api di Menara Eiffel. Sepanjang Juli, wisatawan bias merasakan suasana pesta, diskon, dan berbagai destinasi wisata yang menggelar parade bertema Revolusi Prancis.

Pada 13 Juli digelar pesta dansa di seangtero Paris. Keesokannya, diadakan parade militer oleh Legiun Prancis, bersenjata lengkap. Parade militer rutin tertua dan terbesar di Eropa diadakan pada pagi 14 Juli, di Jalan Champs-Élysées, Paris, di hadapan Presiden Republik, pejabat pemerintahan Prancis, dan perwakilan negara sahabat. Malam harinya, listrik di sekitar Menara Eiffel mati total, lalu dimulailah pesta kembang api spektakuler.

Sejumlah warga menyaksikan atraksi pesawat Angkatan Udara Singapura Black Knights, jelang perayaan Golden Jubilee di Singapura, 8 Agustus 2015. Singapura akan merayakan 50 tahun kemerdekaannya pada hari Minggu. REUTERS/Edgar Su

Singapura

Setiap tanggal 9 Agustus, Singapura memperingati hari kemerdekannya. Pada tanggal tersebut pada tahun 1965, negara itu resmi berpisah dengan Kerajaan Malaysia. Sepanjang Agustus, Singapura dipenuhi warna merah putih, bendera kebangsaan negeri itu.

Selain parade militer yang gagah, Singapura juga menawarkan berbagai paket diskon untuk hotel, pusat perbelanjaan, taman hiburan, hingga parkir gratis. Parade Hari Kemerdekaan Singpaura akan dimeriahkan parade militer, karnaval budaya, dan beragam tarian yang dipusatkan di Padang, tempat parade militer pertama kali digelar pada 1966. Dan penutupnya adalah pada malam hari, di Marina Water Front digelar pesta kembang api kolosal.

Setiap 4 Juli, kota-kota besar di AS memperingati hari dengan konser musik dan pentas budaya. Foto: travelandleisure.com

Amerika Serikat

Cara Amerika Serikat memang berbeda dengan negara-negara lainnya. Negeri itu merdeka pada 4 Juli 1777. Masyarakat di setiap negara bagian menggelar berbagai lomba dan berlibur di taman-taman. Di Washington DC digelar konser musik rock dengan band-band papan atas.

Dan yang spektakuler adalah perayaan kembang api di Washington DC di sekitar Gedung Putih. Sekitar 12 juta kilogram kembang api dinyalakan semalaman. Membuat para pengunjung merasakan pesta kembang api terbesar sejagat. Di Boston digelar Boston Harborfest, berpuncak pada konser musik dan didukung oleh berbagai diskon memasuki destinasi-destinasi wisata. Diperkirakan 3 juta wisatawan asing membanjir Boston pada 4 Juli lalu.

Peringatan hari kemerdekaan India setiap tahun dilaksanakan di Benteng Merah. Foto: thestatesman.com/Subrata Dutta

India

Setiap tahun, peringatan Hari Kemerdekaan India dipusatkan di jantung kota Delhi. Lokasinya tak main-main, yakni Benteng Merah, Popularitas benteng ini mampu mendatangkan jutaan wisatawan per tahun.

Benteng merah adalah objek wisata bersejarah. Hingga tahun 1856, benteng ini menjadi tempat tinggal dari kekaisaran Dinasti Mughal selama hampir 200 tahun. Hingga saat ini setiap Hari Kemerdekaan India yang dirayakan pada 15 Agustus, Benteng Merah menjadi lokasi pengibaran bendera.